Rabu, 27 November 2013

Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Kemiskinan

           
           Disekolah atau bahkan di tempat-tempat lain yang kita kunjungi, dimana sesuatu hal tersebut adalah baru untuk kita, itu akan menambah pengetahuan dan wawasan kita. Banyak masyarakat Indonesia, yang mengutamakan pendidikan hingga sampai jenjang perguruan tinggi. Namun untuk mendapatkan pendidikan tersebut, sebagian masyarakat memiliki masalah dengan keterbatasan dana. Kemiskinan membuat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi terbatas, hanya untuk kalangan atau golongan yang memiliki dana. Contoh salah satu dari teknologi itu sendiri adalah akses internet, mungkin setiap masyarakat Indonesia telah menggunakan atau mengetahui teknologi tersebut. Internet sangat membantu setiap manusia untuk melihat dunia luar atau hal-hal baru yang tidak kita ketahui.
 
Namun kembali ke masalah kemiskinan tersebut, ada sebagian masyarakat yang masih belum mengetahui atau menggunakan akses internet, ini dikarenakan pengetahuan yang mereka dapatkan mengenai teknologi sangatlah sedikit, walaupun internet telah hadir di beberapa tahun kebelakang. Bagi mereka yang tertinggal oleh pengetahuan teknologi sering mendapat julukan sebagai manusia gaptek (gagap teknologi). Terlebih lagi, setiap hari selalu saja ada perkembangan dari teknologi dan membuatnya semakin menarik untuk dicoba dengan dana yang cukup pula. Dapat dikatakan orang yang mengikuti perkembangan teknologi dan mendapatkan teknologi tersebut merupakan orang yang tidak memiliki keterbatasaan dengan dana. Kemiskinan membuat orang buta dengan pengetahuan teknologi, dan akan semakin membuatnya tertinggal dari kemajuan zaman. Untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari saja masih memerlukan dana lebih, bayangkan mereka yang tinggal dengan hidup apa adanya. Mereka akan lebih mengutamakan urusan perut di banding dengan pengetahuan teknologi. Seharusnya dengan adanya pengetahuan atau kemajuan teknologi dapat menurunkan angka kemiskinan.

Pembuatan robot atau system hardware yang dapat di control adalah bagian dari ilmu pengetahuan teknologi. Pembuatan robot di gunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Untuk dapat belajar merakit atau membuat robot itu sendiri di perlukan dana yang cukup besar, namun dalam penjualan atau daya guna dari robot itu sendiri berbanding sejajar, dimana penjualan robot akan memiliki nilai jual yang tinggi. Andai pengetahuan dan prakteknya teknologi dapat di tekan dalam jumlah pendanaan, maka akan semakin banyak masyarakat yang terlibat dalam perkembangan teknologi dan menimbulkan kreatifitas tersendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar