Kamis, 28 Mei 2015

Stuktur Organisasi PT. Gudang Garam Tbk




PT. GUDANG GARAM TBK.

Di dalam pembentukan suatu organisasi, tentu kita mengenal yang namanya struktur organisasi. Mengapa kita perlu sebuah struktur organisasi ? Seperti yang dikutip dari situs Wikipedia mengatakan,

Struktur Organisasi adalah bagaimana pekerjaan dibagi, dikelompokkan, dan dikoordinasikan secara formal”.

Tujuannya adalah untuk menempatkan pembagian kerja dan penanggung jawaban hasil pekerjaan agar lebih efisien. Model desain organisasi yang kita kenal sampai saat ini ada beberapa contoh, diantaranya adalah 

                 1.  Model Mekanistis
             Sebuah struktur yang dicirikan oleh departementalisasi yang luas, formalisasi yang tinggi, jaringan informasi yang terbatas, dan sentralisasi.

                2.    Model Organik
               Sebuah struktur yang rata, menggunakan tim lintas hierarki dan lintas fungsi, memiliki formalisasi yang rendah, memiliki jaringan informasi yang komprehensif, dan mengandalkan pengambilan keputusan secara partisipatif.

                3.    Model Piramid
               Model ini dibuat persis sebuag piramida.

                4.     Model Horizontal
                     Model ini dibuat dengan menarik garis lurus secara horizontal
dengan fungsional tugas masing-masing.

Pada kesempatan saya menulis di blog ini, saya akan melanjutkan pembahasan mengenai stuktur organisasi dari PT. Gudang Garam TBK. Pembahasan ini menyambung dari link blog sebelumnya Penerus Tepat dalam Bisnis, Susilo Wonowidjojo Konsisten Bergerak Maju. PT Gudang Garam Tbk, telah berdiri sejak 26 Juni 1958 dan memasuki perekonomian Indonesia selama 57 tahun. Dibawah manajemen yang di pimpin oleh Presiden Direktur saat ini, Susilo Wonowidjojo perkembangan PT Gudang Garam meningkat. Ini terbukti dari kekayaan yang di dapat oleh pimpinan tersebut. Sudah memasuki 3 pemimpin yang berbeda, namun perusahaan semakin membuktikan bahwa mampu bersaing dengan perusahaan internasional yang memproduksi product yang sama.

Berikut stuktur organisasi Dewan Direksi :



Berikut stuktur organisasi Dewan Komisaris :




Referensi :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar