Sabtu, 10 Oktober 2015

Fungsi Bahasa



A.    Bahasa

Di dalam kehidupan, terdapat banyak sekali ragam bahasa yang di miliki oleh masing-masing kelompok dalam kesepakatan menciptakan bahasa dan artinya. Entah kelompok tersebut terdiri antar setiap negara, daerah, adat, dan bahkan bahasa isyarat (memakai gerakan tangan) untuk tunawicara. Manusia sebagai makhluk sosial, erat hubungannya dengan komunikasi antar sesama. Bayangkan bila, tidak adanya kesepakatan dalam bahasa, tentu akan sulit untuk memahami dan menyampaikan arti yang di maksud, dan akan timbul kesalahpahaman.
           
            Seperti yang dikemukakan oleh Gorys Keraf (1997:1), “Bahasa adalah alat komunikasi antar anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia “.

            Dan bila kita lihat di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), arti dari kata bahasa merujuk pada       

1.    Sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.

2.  Percakapan (perkataan) yang baik; tingkah laku yang baik; sopan santun; baik budi –nya; menunjukkan bangsa, pb budi bahasa atau perangai serta tutur kata menunjukkan sifat dan tabiat seseorang (baik buruk kelakuan menunjukkan tinggi rendah asal atau keturunan).

Sebagai warga negara Indonesia, kita pantut berbangga karena bangsa kita ini sangatlah kreatif. Mengapa ? Karena di wilayah Indonesia yang berkepulauan ini memiliki beragam bahasa dari setiap suku atau adat penduduk setempat. Bila kita pergi ke Bandung atau wilayah Jawa Barat, kita mengenal bahasa sunda. Bila kita pergi ke Medan atau Sumatera Utara, kita mengenal bahasa batak. Cara pengucapan dan intonasinya pun berbeda. Bangsa kita sungguh kaya akan budaya.

Bahasa Indonesia telah mempersatukan setiap penduduk dari beragam suku dan adat. Sebagaimana tertulis dalam UUD 1945 BAB XV BENDERA DAN BAHASA Pasal 36 “Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia”.

B.     Macam Fungsi Bahasa

Secara garis besar fungsi bahasa memiliki peran dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan yang lainnya baik itu melalui lisan ataupun tulisan. Berkomunikasi secara lisan tidak lagi begitu sering sebelum teknologi masuk dan mengambil bagian dari fungsi lisan. Teknologi yang dimaksud ialah komunikasi melalui tulisan / teks berupa sms, whatsapp, line, dan aplikasi chatting yang lainnya. Walau tidak merubah arti dari fungsi bahasa itu sendiri.

Pada dasarnya, bahasa memiliki fungsi-fungsi tertentu yang digunakan berdasarkan kebutuhan seseorang, yakni sebagai

a.      Alat untuk mengekspresikan diri.
b.      Alat untuk berkomunikasi.
c.      Alat untuk mengadakan integrasi dan beradaptasi sosial
dalam lingkungan atau situasi tertentu.
d.      Alat untuk melakukan kontrol sosial. (Keraf, 1997:3)

Saat kita masih balita mungkin orang tua yang lebih sering berkomunikasi kepada kita agar kita dapat segera berbicara. Melalui panca indera, dan proses pembelajaran yang di lakukan orang tua, kata demi kata dapat kita pahami dan kita mulai berani untuk berbicara. Itu adalah tahap awal kita dalam mengekspresikan diri. Berlanjut sampai kita mengalami masa kanak-kanak dan remaja, kita mulai sadar tata cara berbicara yang baik dan benar.

Contoh tata cara berbicara dengan guru,

Subjek 1 : Saya ingin bertanya ibu guru ?

Lalu bandingkan dengan

Subjek 2 : Aku ingin bertanya ibu guru ?

Mengandung arti yang sama namun memiliki perbedaan kata saya dengan aku. Definisi kata saya digunakan bila kita berbicara kepada lawan bicara yang lebih tua dari kita. Itu akan terkesan lebih sopan. Pemakaian kata aku digunakan untuk berbicara kepada usia yang sebaya.

            Pada saat kita menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi, kita sudah memiliki tujuan tertentu. Kita ingin dipahami oleh orang lain. Kita ingin menyampaikan gagasan yang dapat diterima oleh orang lain. Kita ingin membuat orang lain yakin terhadap padangan kita. Kita ingin mempengaruhi orang lain. Lebih jauh lagi, kita ingin orang lain membeli hasil pemikiran kita. Dalam berkomunikasi, kita mengenal istilah bahasa komulatif.

Contoh dari istilah bahasa komulatif ini adalah sebagai berikut

Kata Elemen, hanya dipahami oleh orang-orang dari tingkat pendidikan tertentu, namun kata anggota atau bagian lebih mudah dimengerti oleh masyarakat umum.

            Penyesuaian bahasa Indonesia dengan bahasa asing, atau sebaliknya digunakan agar kita terbiasa dengan suasana lingkungan yang ada. Pemilihan kata, menjadi yg utama. Bilamana kita dalam berbahasa Indonesia dapat menegur orang dengan kata kamu, Saudara, Bapak, atau Anda ? Bagi orang asing, pilihan kata tersebut penting agar ia diterima di lingkungan pergaulan orang Indonesia. Jangan sampai ia menggunakan kata kamu untuk menyapa seorang pejabat.
             
            Dalam fungsinya sebagai alat kontrol, bahasa mampu meredam rasa amarah. Dengan cara menulis setiap apa yang ada di pikiran kita mengenai rasa marah dan kesal, dengan perlahan amarah kita dapat menghilang dan kita dapat menyelesaikan persoalan dengan bijak dan tenang. Salah satu bentuk bahasa sebagai alat kontrol yang lain adalah dalam ceramah agama atau dakwah, organisasi ilmiah atau politik, dan bincang-bincang di radio atau televisi.


C.     Fungsi Bahasa Indonesia

Fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional :
       
         a.      Lambang kebanggan nasional
         b.      Lambang identitas nasional 
   c.       Alat pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda
         latar belakang sosial budaya dan bahasa
         d.     Alat perhubungan antar budaya dan antar daerah.


Fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara :

        a.      Bahasa pengantar resmi kenegaraan
        b.      Bahasa pengantar resmi di lembaga-lembaga pendidikan
        c.      Bahasa resmi didalam perhubungan pada tingkat nasional
        untuk kepentingan perencanaan dan pelaksanaan
        pembangunan serta pemerintahan.
        d.      Bahasa resmi dalam pengembangan
        kebudayaan dan pemanfaatan
        ilmu pengetahuan serta teknologi modern.



REFERENSI :
Sendieka.staff.gunadarma.ac.id
UUD 1945
KBBI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar