Kamis, 13 November 2014

Macam-macam Organisasi dari Segi Tujuan


               Organisasi tidak hanya mengenal cangkupan wilayah yang kecil, namun merangkul hampir keseluruh dunia. Dapat dikatakan, organisasi bersifat universal selama setiap anggota memiliki tujuan yang sama dan pengenalan yang baik akan anggota yang lain. Berdasarkan dari segi tujuannya, Organisasi dibedakan menjadi :
1.       Organisasi Niaga.
2.       Organisasi Sosial.
3.       Organisasi Regional & Internasional.

Organisasi Niaga
               Organisasi Niaga merupakan Organisasi yang tujuan utamanya adalah mencari keuntungan. Di organisasi ini, sebuah Laba / keuntungan sangat mempunyai arti dan menjadikannya target sasaran. Biasanya organisasi ini bergerak dibidang bisnis, perekonomian, dan juga jasa. Organisasi ini berkembang di karenakan dalam pengumpulan modal yang di miliki oleh individu tersendiri itu kurang atau setidaknya membutuhkan bantuan dari individu lain dalam pengumpulan modal untuk memulai usaha. Adapun contoh dari organisasi niaga ini meliputi : Perseroan Terbatas (PT), Perseroan Komanditer (CV), Firma (FA), Koperasi, Join Ventura, Trus,Holding Company, dll.

Organisasi Sosial
                Organisasi Sosial merupakan organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat, baik yang berbentuk badan hukum maupun tidak dan berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam berorganisasi. Pembentukan organisasi ini, dikarenakan adanya pemikiran bersama dari masyarakat tentang kepedulian atau hasil dari adanya musyawarah. Jalur pembentukan organisasi kemasyarakatan meliputi jalur keagamaan, profesi, kepemudaan, kemahasiswaan, kepartaian dan kekaryaan.  Contoh dari organisasi sosial diantaranya Karang Taruna, Lembaga Bantuan Bencana Alam, Partai Politik, dan lain sebagainya.

Organisasi Regional & Internasional
                Organisasi Regional & Internasional merupakan organisasi yang mencakup mengenai wilayah. Biasanya di kelompok organisasi ini hubungan antar setiap individu menjadi luas, tidak hanya mencakup satu wilayah saja, melainkan berbagai wilayah. Perbedaan dari organisasi regional dan internasional adalah cangkupan wilayah dan jumlah anggotanya. Organisasi regional lebih cenderung meliputi negara-negara tertentu saja. Sebagai contoh ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) yang merupakan kelompok organisasi dari Asia Tenggara dalam menjalin kerjasama di berbagai bidang seperti politik, budaya, ekonomi, dan lain sebagainya. Sementara itu, organisasi Internasional mencakup wilayah yang lebih besar lagi / universal. Contoh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Pada intinya pemanfaatan suatu organisasi dapat ditinjau dari segi atau aspek manapun tergantung kepentingan dan kebutuhan setiap kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar