Senin, 29 Desember 2014

Tata Kelola Organisasi PT. Bank Panin, Tbk



            Pada dasarnya kita hidup tidak dapat sendiri, kita membutuhkan bantuan atau partisipasi orang lain karena kita merupakan makhluk sosial. Organisasi memiliki persamaan dengan makluk sosial sebagai bagian dari kerja sama antar individu. Di dalam organisasi inilah kita bertemu dan berkumpul dengan sesama untuk membentuk suatu kelompok. Sebelumnya saya ingin membahas mengenai arti dari organisasi. Organisasi merupakan kelompok yang terdiri lebih dari satu orang yang memiliki tujuan bersama untuk mengatur dan menyusun proses pencapaian tujuan tersebut, dapat dikatakan organisasi sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Pada tulisan saya kali ini, saya akan menjelaskan mengenai organisasi dari PT Bank Panin Tbk. Bank Panin sebagai bank komersil yang telah berdiri sejak tahun 1971 memberikan banyak pengaruh dalam sistem perbankan Indonesia. Perusahaan ini bergerak dalam bidang jasa keuangan. Dimana tujuan dari perusahaan tersebut adalah memperoleh keuntungan. Bank Panin pada prinsipnya sama dengan fungsi-fungsi bank lain sebagai media penyimpanan uang, peminjaman, pelayan jasa perbankan dan lain sebagainya yang berhubungan dengan keuangan.

 Dalam tata kerja di Bank Panin, mereka menerpakan slogan I CARE (Integrity, Collaboration, Accountability, Respect, dan Excellence) sebagai budaya dari perusahaan tersebut. Dengan adanya slogan I CARE, diharapkan setiap anggota dari organisasi dapat bekerja sama untuk mencapai tujuan secara efisien. Baik dalam pembagian tugas dan rasa tanggung jawab yang diberikan. Dengan seiring waktu berjalan, bank ini terus melakukan evaluasi terhadap kebijakan-kebijakan dalam perusahan, sehingga tidak sedikit penghargaan yang di dapat oleh Bank Panin karena tindakan evaluasi atau proses perencanaan yang baik. Salah satu contoh bukti penghargaan yang di dapat oleh PT Bank Panin Tbk adalah Bisnis Indonesia Awards 2013 predikat Perusahaan Terbaik untuk Sektor Keuangan. Ini membuktikan bahwa organisasi,  manajemen, dan metode / tata kerja merupakan sebuah ikatan yang saling terhubung dan tidak dapat dipisahkan. Ketiga faktor tersebut memiliki hubungan timbal balik dalam pencapain tujuan.

                Semula Bank Panin merupakan hasil penggabungan  Bank Kemakmuran, Bank Industri Djaja Indonesia dan Bank Industri & Dagang Indonesia. Hasil penggabungan ketiga bank ini membuat organisasi yang terbentuk bertambah besar, dengan tingkat transaksi bank yang tinggi membuat pengolahan data semakin cepat dan penggunaan staf yang lebih intensif. Dengan kata lain, Bank Panin masuk dalam ciri-ciri organisasi modern. Apakah kalian tahu mengapa dapat dikatakan sebagai sebuah organisasi ? Dapat dikatakan sebagai sebuah organisasi bila terdapat unsur-unsur dari organisasi. Apa sajakah unsur-unsur organisasi tersebut ? Unsur-unsur organisasi adalah manusia, kerja sama, tujuan bersama, peralatan, lingkungan, kekayaan alam, dan kerangka / konstruksi mental organisasi. Dari unsur-unsur yang disebutkan di atas, Bank Panin telah melengkapi semuanya dan dapat dikatakan sebagai sebuah organisasi yang di bentuk dalam pencarian keuntungan ( organisasi niaga ). Bentuk stuktur organisasi PT Bank Panin Tbk :




Untuk memberikan pelayanan lebih dekat kepada masyarakat, Bank Panin membangun lokasi cabang yang berada hampir di seluruh Indonesia. Dengan lebih dekat kepada masyarakat, akan menciptakan tingkat kenyamanan dan kepercayaan kepada Bank. Dikarenakan cangkupan cabang yang luas di wilayah Indonesia, Bank Panin dapat di katagorikan sebagai Bank yang mempunyai organisasi regional. Organisasi regional merupakan organisasi yang ditinjau dari segi luas wilayah dalam suatu negara. Organisasi akan berada dimana pun kita berada, kita adalah bagian dari organisasi.      

Sumber : PT. Bank Panin, Tbk


Tidak ada komentar:

Posting Komentar