Pada dasarnya kita hidup tidak
dapat sendiri, kita membutuhkan bantuan atau partisipasi orang lain karena kita
merupakan makhluk sosial. Organisasi memiliki persamaan dengan makluk sosial
sebagai bagian dari kerja sama antar individu. Di dalam organisasi inilah kita
bertemu dan berkumpul dengan sesama untuk membentuk suatu kelompok. Sebelumnya
saya ingin membahas mengenai arti dari organisasi. Organisasi merupakan
kelompok yang terdiri lebih dari satu orang yang memiliki tujuan bersama untuk
mengatur dan menyusun proses pencapaian tujuan tersebut, dapat dikatakan
organisasi sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Pada tulisan saya
kali ini, saya akan menjelaskan mengenai organisasi dari PT Bank Panin Tbk.
Bank Panin sebagai bank komersil yang telah berdiri sejak tahun 1971 memberikan
banyak pengaruh dalam sistem perbankan Indonesia. Perusahaan ini bergerak dalam
bidang jasa keuangan. Dimana tujuan dari perusahaan tersebut adalah memperoleh
keuntungan. Bank Panin pada prinsipnya sama dengan fungsi-fungsi bank lain
sebagai media penyimpanan uang, peminjaman, pelayan jasa perbankan dan lain
sebagainya yang berhubungan dengan keuangan.
Dalam tata kerja di Bank Panin, mereka
menerpakan slogan I CARE (Integrity, Collaboration, Accountability, Respect,
dan Excellence) sebagai budaya dari perusahaan tersebut. Dengan adanya slogan I
CARE, diharapkan setiap anggota dari organisasi dapat bekerja sama untuk
mencapai tujuan secara efisien. Baik dalam pembagian tugas dan rasa tanggung
jawab yang diberikan. Dengan seiring waktu berjalan, bank ini terus melakukan
evaluasi terhadap kebijakan-kebijakan dalam perusahan, sehingga tidak sedikit
penghargaan yang di dapat oleh Bank Panin karena tindakan evaluasi atau proses
perencanaan yang baik. Salah satu contoh bukti penghargaan yang di dapat oleh
PT Bank Panin Tbk adalah Bisnis Indonesia
Awards 2013 predikat Perusahaan Terbaik untuk Sektor Keuangan. Ini
membuktikan bahwa organisasi, manajemen,
dan metode / tata kerja merupakan sebuah ikatan yang saling terhubung dan tidak
dapat dipisahkan. Ketiga faktor tersebut memiliki hubungan timbal balik dalam
pencapain tujuan.
Semula
Bank Panin merupakan hasil penggabungan Bank
Kemakmuran, Bank Industri Djaja Indonesia dan Bank Industri & Dagang
Indonesia. Hasil penggabungan ketiga bank ini membuat organisasi yang terbentuk
bertambah besar, dengan tingkat transaksi bank yang tinggi membuat pengolahan
data semakin cepat dan penggunaan staf yang lebih intensif. Dengan kata lain,
Bank Panin masuk dalam ciri-ciri organisasi modern. Apakah kalian tahu mengapa
dapat dikatakan sebagai sebuah organisasi ? Dapat dikatakan sebagai sebuah
organisasi bila terdapat unsur-unsur dari organisasi. Apa sajakah unsur-unsur
organisasi tersebut ? Unsur-unsur organisasi adalah manusia, kerja sama, tujuan
bersama, peralatan, lingkungan, kekayaan alam, dan kerangka / konstruksi mental
organisasi. Dari unsur-unsur yang disebutkan di atas, Bank Panin telah
melengkapi semuanya dan dapat dikatakan sebagai sebuah organisasi yang di
bentuk dalam pencarian keuntungan ( organisasi niaga ). Bentuk stuktur
organisasi PT Bank Panin Tbk :
Untuk memberikan
pelayanan lebih dekat kepada masyarakat, Bank Panin membangun lokasi cabang yang
berada hampir di seluruh Indonesia. Dengan lebih dekat kepada masyarakat, akan
menciptakan tingkat kenyamanan dan kepercayaan kepada Bank. Dikarenakan
cangkupan cabang yang luas di wilayah Indonesia, Bank Panin dapat di
katagorikan sebagai Bank yang mempunyai organisasi regional. Organisasi
regional merupakan organisasi yang ditinjau dari segi luas wilayah dalam suatu
negara. Organisasi akan berada dimana pun kita berada, kita adalah bagian dari
organisasi.
Sumber : PT. Bank Panin, Tbk
Sumber : PT. Bank Panin, Tbk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar