Jumat, 13 November 2015

PERENCANAAN PENULISAN KARANGAN ILMIAH



Penulisan karangan ilmiah merupakan laporan tertulis dan dipublikasikan yang memaparkan hasil penelitian baik dilakukan oleh individu atau kelompok. Dalam membuat tulisan ilmiah, terdapat beberapa langkah-langkah yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Pemilihan Topik

Langkah pertama ialah menentukan topik atau tema apa yang akan dijadikan sebagai tulisan karya ilmiah. Ini adalah tahap awal sekaligus dasar dari tulisan yang akan dibuat. Melalui topik, kita dapat memperluas tulisan dan membatasi pada bagian yang tidak diperlukan. Pemilihan topik tersebut dapat berdasarkan dari pengalaman, pengamatan, pendapat dan khayalan dari sisi penulis.
Mungkin sebagian dari kita, bingung untuk menentukan topik yang menarik. Ada beberapa ciri yang dapat dikatakan sebagai topik yang menarik, diantaranya adalah

a.       Pemilihan topik merupakan masalah yang menyangkut
persoalan bersama.
b.      Merupakan jalan keluar dari suatu persoalan yang tengah
dihadapi.
c.       Mengandung konflik pendapat.
d.      Masalah yang dikaji hendaknya dapat diselesaikan dalam
waktu yang disediakan.
e.       Topik yang dikaji hendaknya mengandung manfaat untuk
menambah ilmu pengetahuan.

Pembatasan Topik

Langkah kedua ialah menentukan pembatasan topik. Topik yang hendak ditulis, sebaiknya tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit. Lalu bagaimana kita mengetahui pembatasan topik yang tepat ? Caranya adalah sebagai berikut :

a.       Tetapkan topik yang akan digarap dalam kedudukan sentral.
b.       Mengajukan pertanyaan, apakah topik yang berada dalam
 kedudukan sentral tersebut masih dapat dirinci lebih lanjut ?
 Bila dapat, tempatkanlah rincian tersebut sekitar
 lingkaran topik pertama.
c.       Tetapkanlah dari rincian tersebut mana yang akan dipilih.
d.      Mengajukan pertanyaan, apakah sektor tersebut masih
dapat dirinci lebih lanjut atau tidak.

Dengan demikian dilakukan secara berulang sampai diperoleh sebuah topik yang sangat khusus dan cukup sempit.

Pemilihan Judul  

Setelah kita telah memilih topik dan pembatasan topik, tahap selanjutnya ialah pemilihan judul. Judul yang akan kita pilih dalam sebuah tulisan, akan mewakili garis besar dari inti tulisan. Oleh karenanya pemilihan judul tidak boleh berbeda jauh dari inti tulisan, dan sebaiknya gunakan judul yang menarik untuk lebih menimbulkan ketertarikan dari pembaca. Penulisan untuk judul haruslah berupa frasa dan bukan kalimat.

Menentukan Tujuan Tulisan 

Langkah selanjutnya ialah menentukan tujuan tulisan. Tujuan tulisan tersebut ditujukan agar pembaca dapat mengambil kesimpulan dari penulis secara garis besar. Gunakanlah kalimat sederhana namun memiliki arti yang luas. Sebagai contoh, tujuan menulis “Untuk melaporkan tempat-tempat yang berpotensi bagi pembangunan pabrik baru”. Penulisan tujuan tersebut boleh saja digunakan namun terlalu umum atau memiliki penjabaran yang luas. Bandingkan dengan, penulisan judul sebagai berikut, “Menghadirkan kelebihan-kelebihan Chicago, Minneapolis, dan Salt Like City sebagai lokasi yang berpotensi bagi pembangunan pabrik sehingga atasan dapat memilih lokasi yang terbaik. Tujuan tulisan tersebut dapat menuntun anda dalam seluruh proses penulisan.

Menentukan Kerangka Karangan

Sampailah kita ditahap yang kelima yakni menentukan kerangka karangan. Penentuan kerangka karangan, digunakan sebagai acuan dalam membuat karangan sehingga akan menjadi terurut dan teratur dalam memaparkan atau menganalisa masalah. Kerangka karangan membantu penulis untuk melihat gagasan-gagasan dalam sekilas pandang, memudahkan penulis menciptakan klimaks yang berbeda-beda, menghindari penggarapan topik dua kali atau lebih, mencari data-data atau fakta –fakta untuk memperjelas pendapat dan menjamin penulisan bersifat konseptual, menyeluruh, dan terarah.

Langkah-Langkah Penulisan Ilmiah

Tahap terakhir dari perencanaan penulisan karangan ilmiah ialah langkah-langkah penulisan ilmiah. Langkah-langkah penulisan ilmiah secara sistematis dan objektif sebagai berikut

a.      Melakukan observasi dan menetapkan masalah dan tujuan.

b.      Menyusun hipotesis.

c.       Menyusun rancangan penelitian.

d.      Melaksanakan percobaan berdasarkan metode yang
direncanakan.

e.       Melaksanakan  pengamatan dan pengumpulan data.

f.       Menganalisis dan menginterpresentasikan data.

g.      Merumuskan kesimpulan atau teori.

h.      Melaporkan hasil penelitian.


REFERENSI :
KOMPASIANA
POSTINGAN ALL BLOG


r

Tidak ada komentar:

Posting Komentar